pln

Aplikasi “INFO PLN” Masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Nasional 2016

Semangat PLN dalam berinovasi membuahkan hasil. Mengusung Aplikasi INFO PLN dalam perlombaan Sistem Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) 2016, PLN melaju ke 99 besar. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi kepada Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN Agung Murdifi pada acara Simposium dan Gelar Inovasi Pelayanan Publik Nasional Tahun 2016, Kamis (31/3).
“Saya sangat bangga dengan teman-teman PLN yang tak pernah lelah menciptakan inovasi baru untuk meningkatkan pelayanan pelanggan di luar kewajiban rutin mereka. Ini sangat berarti bagi perusahaan. Semoga PLN dapat melaju ke tahap selanjutnya dan semoga penghargaan seperti ini tetap menjadi cambuk bagi kami, memotivasi kami, untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan,” ujar Agung.
Inovasi berjudul “Aplikasi Info PLN Berbasis Sistem Operasi Perangkat Bergerak Android dan iOS, Akses Informasi dan Pelayanan Pelanggan Kelistrikan PT PLN (Persero) Secara Gratis Menggunakan Ponsel Pintar untuk Masyarakat di Seluruh Indonesia” ini digarap oleh Eki Sairoma Situmeang, Kustan Setiawan, Joe Lesmana, Taurisa Wijaya dan Henri Firdaus. Layanan baru berupa aplikasi ponsel pintar ini dikembangkan sejak 2012 dan diluncurkan pertama kali pada PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang.
Aplikasi INFO PLN berisi informasi seputar kelistrikan, seperti cek tagihan listrik, riwayat pembelian token Listrik Pintar (Prabayar), Layanan Menu Online untuk Pasang Baru, Ubah Daya, Layanan Listrik Sementara, Fitur Pengaduan Pelanggan seluruh Indonesia, Peta Kondisi Listrik saat ini, serta beberapa fitur media sosial dan tren berita.
Pelanggan juga dapat mengakses informasi mengenai Status Permohonan, Entry Kode Konfirmasi, Layanan Informasi Rekening via Email, serta Historikal Rekening, Informasi Pembelian Token Pra Bayar, dan Historikal Transaksi Pembelian. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, INFO PLN juga dilengkapi dengan menu Survey Kepuasan Pelanggan.
Hingga saat ini, Aplikasi INFO PLN telah diunduh sebanyak 152.345 user. Pelanggan tersebut bukan hanya dari seluruh Indonesia, tapi juga seluruh dunia. Misalnya, beberapa tenaga kerja Indonesia yang berada di luar negeri ada yang mendownload aplikasi ini untuk mengetahui perkembangan listrik di daerah asalnya. Melihat respon yang baik dari pelanggan, para inovator INFO PLN optimis dapat memenangkan perlombaan SINOVIK 2016.
“Kami bersyukur Aplikasi INFO PLN bisa masuk 99 besar. Untuk tahap selanjutnya kami optimis bisa menembus 35 besar. Kalaupun masuk ke 10 besar, aplikasi kami sudah siap karena sudah diupdate lagi sesuai permintaan pelanggan. Pada awal April nanti aplikasi INFO PLN akan berganti nama menjadi PLN 123 dan diresmikan sebagai aplikasi resmi korporat. Tentunya dengan fitur yang semakin lengkap, seperti menu Call Center,” ungkap Eki.
Bersama 98 peserta lainnya, aplikasi INFO PLN dan aplikasi PLN 123 dipamerkan dalam Pameran Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Nasional 2016. Acara yang digelar di JX International (Jatim Expo), Surabaya ini yang berlangsung mulai 31 Maret sampai 2 April 2016. Para pengunjung sangat antusias dengan aplikasi baru ini. Mereka banyak memberi masukkan, antara lain untuk penambahan fitur pembelian token dan notifikasi sisa pulsa di token Pra Bayar.
Menjadi satu dari Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Nasional 2016 merupakan kebanggaan tersendiri bagi PLN yang memang mendorong para pegawainya untuk terus berinovasi. Komitmen ini diwujudkan dengan menggelar acara-acara internal tahunan, seperti KNIFE (Knowledge, Norm, Innovation, Festival and Exhibition) dan lomba karya inovasi. Karena dengan inovasi, PLN berharap dapat memberikan kualitas pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Sumber : http://www.pln.co.id/blog/aplikasi-info-pln-masuk-top-99-inovasi-pelayanan-publik-nasional-2016/

Author


Avatar